Jumat, 21 Desember 2012

tips membeli anjing ras

1. Hindari membeli anjing di tempat yang tidak jelas seperti di pinggir jalan, orang yang datang ke rumah menawarkan anjing, karena selain asal usul anjing tidak jelas, bisa saja anjing yang dijual merupakan hasil curian, beli lah di tempat yang jelas seperti di toko anjing online, petshop atau breeder anjing ras terpercaya.
2. Sedapat mungkin membeli langsung dari breeder, bila ingin membeli dari petshop atau toko anjing online, jangan terburu nafsu membeli karena jenis rasa atau bentuknya, pastikan anda mendapat garansi kesehatan dari penjualnya, Bila nantinya anjing dijual tersebut sakit atau mati tidak lama setelah di beli,anda dapat penggantian atau uang dikembalikan (buat pejanjian tertulis).
3. Tanyakanlah buku vaksin dan stambum apakah lengkap data anjing dijual tersebut, lalu periksa bulu anjing bersih atau tidak, mata bersinar, tidak belekan, hidungnya basah, karena bila kering berarti dalam kondisi tidak sehat, begitupun kalau keluar ingus atau cairan, tes beri makan apakah dia makan lahap, minta dikeluarkan untuk melihatnya apakah lincah, Cek kotorannya anjing dijual tersebut, apakah cair, lembek atau keras, kalau cair atau lembek cari pilihan lain. Bila anda tidak memperhatikan hal-hal anjing dijual tadi, hanya penyesalan yang anda dapat, rekomendasi dari kenalan dan kerabat juga bisa jadi acuan.
4. Akan lebih baik jika anda mau membeli di breeder karena selain mendapatkan informasi yang lengkap, juga dapat melihat indukannya dan biasanya banyak pilihan anjing dijual. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah apakah kandang-kandangnya bersih, sirkulasi udaranya lancar, anjingnya sehat dan lincah-lincah, periksa matanya apakah bersih, hidungnya apakah basah, lalu minta breeder beri makan, biasanya anakan yang sehat akan makan dengan lahap, bila breeder mengatakan sudah diberi makan, maka buat janji dan kembalilah pada saat anjing akan diberikan makanan. Breeder yang baik adalah breeder yang tidak pelit informasi, bila menemukan breeder yang tidak suka atau menolak menjelaskan banyak tentang anjing yang dijualnya maka anda lebih baik cari di tempat lain. Periksa Stambum dan buku vaksinnya apakah sudah lengkap.
5. Jika telah membeli anjing dijual, setelah pulang langsung periksakan kesehatan ke dokter hewan. Setelah dirumah, taruh dia ditempatnya, jangan beri makan selama 3 jam pertama, biarkan dia beradaptasi, jangan diajak main dahulu, jangan dimandikan sebelum 3 hari dirumah anda, karena jika stress maka daya tahan tubuhnya akan turun.
6. Lingkungan tempat tinggal anda tidak menolak dengan anjing ras.
7. Anda mengetahui bahwa pengeluaran keuangan anda akan meningkat – bukan berarti, hanya pengeluaran untuk membeli anak anjing saja – melainkan pengeluaran keuangan anda setiap bulannya, dan harus diperhitungkan untuk setiap tahunnya.
8. Semua anggota keluarga anda harus setuju , terutama kepala keluarga, dimana dia yang mengurusi rumah tangga bersedia dan setuju dengan keberadaan anjing ras tersebut.
Semoga Tips anjing dijual dapat menjadi pertimbangan yang sangat membantu bagi anda. Jangan lupa untuk mencari info harga anjing terbaru agar harga anjing didapatkan dengan harga yang pantas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar